SHARE

Manfaat jus buah markisa bagi ibu hamil – Buah markisa merupakan salah satu jenis buah yang tumbuh liar di hutan, berasal dari Amerika Selatan.

Buah yang memiliki rasa asam ini sudah banyak dibudidayakan oleh bebebrapa negara termasuk Indonesia. Jenis buah markisa yang paing banyak dibudidayakan di Indonesia adalah markisa ungu, markisa kuning, markisa konyal, dan erbis.

Saat ini markisa sudah dikemas dalam bentuk sirup dan minuman kemasan. Buah markisa jadi salah satu buah pilihan keluarga tidak hanya karena rasanya segar, akan tetapi lebih utama lagi adalah manfaatnya yang luar biasa.

Buah markisa mengandung banyak gizi dan nutrisi. Unsur nutrisi paling tinggi pada buah tersebut yaitu vitamin c yang berfungis sebagai anti radikal bebas pada tubuh manusia.

Kandungan gizi yang terkandung pada buah markisa diantaranya adalah niasin, asam sitrat, karoten, kalsiu, zat besi, dan fosfor.

Markisa yang telah diletakkan dalam cangkir penuh mengandung 24, 5 gram serat, vitamin A 130 IU, lebih dari 5 gram protein, dan 13 karotenoid. Pada Buah markisa juga terdapat zeta, alpha karoten, beta, b-cryptoxanthin, dan lucopen.

Mengkonsumsi markisa banyak sekali manfaatnya, baik untuk kesehatan, kecantikan, dan juga untuk ibu hamil. Oleh karena itu, Kamu dapat menjadikan buah sebagai konsumsi keluarga sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan akan viamin dan nutrisi.

Saat mkan buah markisa, kamu bisa memilih olahan yang tepat misalnya menjadikan buah markisa segelas jus yang segar.

Manfaat Buah Markisa

Buah markisa mempunyai keunggulan tersendiri jika dibandingkan buah-buahan yang lain. Cara membuat jus markisa mudah sekali jika kamu sudah tahu resep dan bahan campuran yang disesuaikan dengan karakteristik rasa buah tersebut.

Umumnya, buah kuning kemerahan ini hanya dapat diolah bagian dagingnya saja, adalah diawetkan atau dapat juga diambil ekstraknya dengan melalui proses pemanasan maupun pendinginan.

Jika Anda mengolah buah markisa menjadi minuman jus sehat, maka kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya dapat diperoleh secara optimal.

Ekstrak buah markisa sudah banyak dimanfaatkan, ternyata kulit buahnya pun berfungsi sebagai sumber energi potensial untuk memberi asupan nutrisi untuk ternak kambing.

Kandungan nutrisinya bahkan jauh lebih baik dibandingkan dedak halus, sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti dedak untuk ransum ternak.

  1. Manfaat buah markisa yang begitu banyak, bisa diringkas menjadi 8 manfaat untuk kesehatan tubuh:
  2. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga tercegah dari susah buang air besar.
  3. Bagi penderita asma, jus buah markisa memiliki khasiat untuk memblokir histamin yaitu penyebab timbulnya gejala pada asma.
    Sebanyak 4,6 mg vitamin C dalam 100 gram buah, bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Kandungan senyawa alami pada buah sudah terbukti ampuh untuk memberikan perasaan rileks dan mengendurkan urat syaraf.
  5. Jika Kamu susah tidur (insomnia), maka minumlah satu gelas jus buah markisa. Jus markisa akan membantu menenangkan pikiran sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak.
  6. Mengatasi gangguan pada ginjal, liver, dan saluran kandung kemih.
  7. Kandungan gizi dan nutrisi pada olahan buah ini seperti zat besi, vitamin A, fosfor, potasium, dan kalsium dapat melunturkan lemak dengan sangat baik untuk diet sehat.
  8. Manfaat lain dari buah markisa ialah dapat menjaga kesehatan mata, mengurangi infeksi, terpi kecantikan, melancarkan ASI, melancarkn proses peredaran darah, menenangakn anak yang hiperaktif, dan sebagai penurun suhu panas pada badan.
Selain manfaat Untuk kesehatan secara umum, buah markisa juga membantu ibu yang sedang hamil antara lain:
  1. Melancarkan pencernaan, membantu ibu hamil karena saat mengandung kadang terjadi sembelit.
  2. Saat bayi sudah lahir, markisa bisa melancarkan produksi ASI.
  3. Kandungan vitamin C diolah jadi kalori untuk sumber energi bagi ibu hamil.
  4. Kandungan asam folat untuk mencegah terjadinya kecacatan janin di dalam perut.
  5. Zat besi dalam buah markisa dapat mencegah terjadinya anemia untuk para ibu dan mendorong pembentukan sel darah pada bayi.
  6. Antioksidan bisa menangkal radikal bebas, menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin.

Setelah tahu kandungan dan manfaat dari buah markisa, tentu kamu akan tertarik untuk membeli dan mengonsumsi buah tersebut. Pembelian markisa pun sudah sangat mudah, banyak supplier markisa berkualitas dengan harga murah tersedia di kota – kota besar dengan proses pembelian yang mudah. Buah markisa dapat diolah menjadi minuman dalam jenis jus dan sirup sebagai jamuan keluarga untuk kebutuhan harian.

SHARE
Previous articleManfaat Buah Markisa Kuning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here