SHARE

Buah markisa memang sangat khas dengan rasanya yang manis asam dan sangat segar saat dinikmati. Jenis buah ini juga merupakan salah satu buah yang sangat mudah untuk dibudidayakan karena cocok untuk daerah tropis seperti negara kita.

Buah ini merupakan salah satu impor dari negara Amerika dan memiliki rasa unik yang sangat khas. Buah ini memiliki berbagai macam dimana salah satunya adalah jenis markisa manis. Untuk mendapatkanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat menghasilkan buah markisa yang manis dan segar.

Jenis Markisa Manis Dan Segar Untuk Dinikmati

Markisa yang memiliki rasa manis ini biasanya berwarna orang kekuningan dan memiliki nama latin Passiflora lingularis. Buah ini identik dengan bentuknya yang lonjong dengan warna ungu hijau ketika masih muda.

Tetapi jangan salah, buah ini mampu memberikan rasa yang menyegarkan ketika dinikmati secara lagsung maupun sudah dijadikan sebagai markisa olahan. Jenis markosa ini hanya bisa tumbuh didaerah yang memiliki ketinggian 1000 m diatas permukaan air laut.

Tetapi sebenarnya dengan perawatan yang khusus, buah pohon ini bisa tumbuh didataran rendah hanya saja potensi untuk berbuah sangat kecil.  Hal tersebut disebabkan karena kondisi cuaca serta unsur hara didataran renah yang kurang sesuai dengan pohon jenis markisa manis.

Cara penanaman jenis buah markisa manis

Untuk pembibitanya, pohon markisa ini hanya cukup disemaikan di polybag baik dibedeng maupun ditanam langsung. Lebih baik anda menggunakan biji markisa yang masih baik karena itu akan mempercepat proses pertumbuhan.

Dari masa penyemaian hingga panen pertama, anda hanya membutuhkan waktu selama 1,5 tahun saja. Nah dengan begitu sebenarnya budidaya buah jenis markisa manis ini sangatlah mudah apalagi jika dilakukan didataran tinggi.

Sedangkan untuk cara penanamanya, pohon ini cukup dirambatkan di pepohonan atau di bangunan terdekat dengan pohon tersebut. tetapi pohon ini sangat memakan tempat dimana ketika sudah terlalu tua, tumpukan daunya akan menghalangi pemerikan.

Pohon ini juga mampu bertahan hingga beberapa tahun sehingga akan memberikan buah tanpa perawatan yang khusus. Sedikit tips tambahan, sebaiknya jika anda ingin menenam jenis buah markisa manis anda bisa menggukan tanah yang tidak masam dan juga memiliki kandungan air yang cukup.

Anda juga menggunakan pupuk kandang atau pupuk urea agar tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan subur. Dengan pemberian air yang optimal, maka tanaman tersebut juga akan semakin tumbuh dengan subur. Nah jika pohon tersebut tidak disiram atau mendapatkan air maka pohon markisa akan cepat rontok dan rusak.

Nah beberapa hal tersebut adalah informasi tentang tata cara pembibitan jenis markisa manis yang bisa anda budidayakan. Dengan cara tersebut maka anda akan mendapatkan rasa buah markisa yang asam manis dan segar saat dinikmati. Anda juga bisa menjadikanya sebagai bisnis yang menjanjikan karena buah tersebut dapat dijadikan sebagai berbagai bentuk olahan baik makanan atau minuman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here