SHARE
markisa ungu

Buah markisa memiliki rasa yang khas akan manis asam yang menyegarkan. Buah tersebut saat ini sangat banyak dijumpai dinegara kita baik didataran tinggi maupun dataran rendah.

Meskipun awalnya buah ini berasal dari negara Amerika tetapi nyatanya buah tersebut sangat cocok untuk dibudidayakan di tanah tropis seperti negara kita. Untuk mendapatkan  buah markisa yang sempurna anda juga harus memperhatikan berapa lama buah markisa matang sempurna.

Cara Budidaya Markisa Dengan Mempertimbangkan Berapa Lama Buah Markisa Matang

Untuk cara penanamanya, pohon ini hanya perlu dirambatkan pada pohon atau pagar yang sengaja dibuat untuk merambatkan pohon markisa tersebut.

Anda juga bisa menenam pada halaman rumah untuk mendapatkan halaman yang rimbun dan sejuk dengan efek pohon markisa ini. pohon ini juga bisa bertahan dalam beberapa tahun tanpa membutuhkan perawatan khsus. Hanya dengan merapikan tangkai yang merambat dengan bebas untuk mendapatkan pohon yang meramnat dengan rapi.

Untuk membudidayakan pohon ini, anda tidak membutuhkan keahlian khusus karena  pada dasarnya buah ini sangat  mudah untuk tumbuh. Prinsipnya anda hanya perlu melakukan pembibitan dari biji markisa yang baik. Dengan menggunakan biji markisa yang berkualitas, maka pohon yang dihasilkan akan semakin mudah untuk tumbuh dan berkembang. Anda juga perlu memberikan pupuk baik urea ataupun pupuk kandang agar pohon tersebut semakin tumbuh subur.

Tanaman markisa yang berasal dari pembibitan biasanya mulai berbuah pada umur sembilan hingga sepuluh bulan. Sedangkan pohon yang bersasal dari stek akan berbuah lebih awal yaitu pada bulan ke tujuh.

Warna buah markisa yang awalnya berwarna hijau muda berubah menjadi ungu tua atau kuning ketika sudah masak. Buah yang sudah masak akan terlepas sendirinya dari tangkai kemudian jatuh ketanah. Jika anda ingin mendapatkan kualitas buah markisa yang baik, sebaiknya buah dipanen minimal 75% pada tingkat kematangan.

Perlu anda ketahui jika buah markisa yang matang dengan jatuh dari tangkainya akan mengalamai penurunan kadar air yang nantinya akan membuat kulit bah menjadi keriput.

Untuk itu anda harus benar memperhatikan berapa lama buah markisa matang dengan kadar kematangan 75% agar buah tidak sampai jatuh dari pohon. Namun sebenarnya meskipun kadar air buah tersebut berkurang, tidak akan berpengaruh terhadap kadar sari buah yang ada didalamnya.

Beberapa hal diatas adalah nformasi tentang kematangan markisa yang pas. Dengan mengetahui berapa lama  buah markisa matang, maka anda akan terhindar dari buah markisa yang  jatuh dari pohon. Dengan begitu anda akan mendapatkan markisa yang berkualitas bagus dan tidak keriput. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pengetahuan baru bagi anda sehingga bisa mendapatkan buah markisa yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here